Salam Dunia Pendidikan.....
1. Uraian
Sistem CVT
(Continously Variable Transmission), adalah sistem otomatik yang
dipasang pada beberapa tipe sepeda motor saat ini. Sistem ini
menghasilkan perbandingan reduksi secara otomatis sesuai dengan putaran
mesin, sehingga pengendara terbebas dari keharusan memindah gigi
sehingga lebih nyaman dan santai. Contoh sistem transmisi otomatis / cvt (Mio, Spin, Vario,dll)
Mekanisme V-belt tersimpan dalam ruangan
yang dilengkapi dengan sistim pendingin untuk mengurangi panas yang
timbul karena gesekan sehingga bisa tahan lebih lama. Sistim aliran
pendingin V-belt ini dibuat sedemikian rupa sehingga terbebas dari
kotoran / debu dan air. Lubang pemasukan udara pendingin terpasang lebih
tinggi dari as roda untuk menghindari masuknya air saat sepeda motor
berjalan di daerah banjir.
sistem transmisi otomatik sistem transmisi konventional
2. Kelebihan Utama Dari sistim CVT
Sistim CVT dapat memberikan perubahan
kecepatan dan perubahan torsi dari mesin ke roda belakang secara
otomatis. Dengan perbandingan ratio yang sangat tepat tanpa harus
memindah gigi, seperti pada motor transmisi konventional. Dengan
sendirinya tidak terjadi hentakan yang biasa timbul pada pemindahan gigi
pada mesin-mesin konventional. Perubahan kecepatan sangat lembut dengan
kemampuan mendaki yang baik. Sistim CVT terdiri pulley primary dan
pulley secondary yang dihubungkan dengan V-belt
Rangkaian Rute Tenaga
1. Poros engkol langsung mengkopel pulley primary dan dengan V-belt memutar pulley secondary.
2. Untuk menggerakan roda belakang menggunakan kopling centrifugal yang akan memutar rumah kopling
3. Gaya centrifugal dari putaran rumah kopling ke putaran roda,
direduksi melalui roda gigi perantara (gearbox) sehingga menghasilkan
dua tahap reduksi.
3. Konstruksi dan Fungsi
Sistim transmisi otomatik terdiri dari 2 bagian, yaitu :
A . Bagian Pulley Primary ( Pulley Pertama )
Pada bagian poros engkol terdapat collar
yang dikopel menyatu dengan fixed sheave (kita sebut F sheave), yaitu
bagian pulley yang diam dan cam. Adapun sliding sheave (kita sebut S
sheave) piringan pulley yang dapat bergeser terdapat pada bagian collar.
Untuk menarik dan menjepit V-belt
terdapat rangkaian slider section. Piringan pulley yang dapat bergeser (
S sheave ) akan menekan V-belt keluar melalui pemberat (roller weight)
karena gaya centrifugal dan menekan ” S ” sheave sehingga bentuk pulley
akan menyempit mengakibatkan diameter dalam pulley akan membesar.
B . Bagian Pulley Secondary ( Pulley Kedua )
Terdiri dari piringan yang diam ( fixed sheave ) berlokasi pada as
primary drive gear melalui bearing dan kopling centrifugal (clutch
carrier) terkopel pada bos di bagian fixed sheave. Piringan pulley yang
dapat bergeser / sliding sheave menekan V-belt ke piringan yang diam (F
sheave ) melalui tekanan per.
Rumah kopling terkopel menjadi satu dengan as drive gear. Pada saat
putaran langsam kopling centrifugal terlepas dari rumah kopling sehingga
putaran mesin tidak diteruskan ke roda belakang.
4. Sistem Pendinginan Pada Rumah V-Belt dan Bagian Sliding
A. Pendinginan V-Belt
Suhu dalam rumah V-belt sangat panas adapun panas yang ditimbulkan disebabkan oleh :
• Panas V-belt itu sendiri (adanya koefisien gesek / sliding pada bagian pulley)
• Koefisien gesek dari kopling centrifugal
• Panas karena mesin
• Lain-lain
Untuk itu pendinginan mutlak harus
diberikan, sehingga diperlukan kipas pendingin dan sirkulasi udara yang
baik untuk mengurangi panas yang timbul.
Panas yang timbul secara berlebihan akan
merusakkan V-belt dan mempengaruhi umur dari V-belt. Begitu juga
kebersihan udara pendinginan tidak kalah pentingnya oleh karena itu
dilengkapi dengan saringan udara untuk menyaring debu dan kotoran lain.
Kemampuan pakai V-Belt 25.000 km.
B. Pelumasan Tipe Basah dan Tipe Kering Untuk Bagian Sliding
Penggerak sistim V-belt, terdiri dari banyak bagian yang bergeser
untuk itu sangat penting dilindungi dari keausan dan juga agar dapat
memberikan perbandingan ratio yang sesuai, sehingga system pelumasan
sangat penting. Untuk pelumasan basah pada bagian-bagian secondary, as,
bearing dan untuk pelumasan kering pada bagian pemberat dan sliding bos.
5. Cara Kerja Sistem Penggerak CVT
A. Putaran Langsam
Jika mesin berputar pada putaran rendah,
daya putar dari poros engkol diteruskan ke Pulley Primary – V-belt –
Pulley Secondary – dan Kopling Centrifugal.
Dikarenakan tenaga putar belum mencukupi, maka kopling centrifugal belum mengembang.
Disebabkan gaya tarik per pada kopling
masih lebih kuat dari gaya centrifugal, sehingga kopling centrifugal
tidak menyentuh rumah kopling dan roda belakang tidak berputar.
B. Saat Mulai Berjalan
Pada saat putaran mesin bertambah kurang
lebih 3.000 rpm, maka gaya centrifugal bertambah kuat dibandingkan
dengan tarikan per sehingga mengakibatkan sepatu kopling mulai menyetuh
rumah kopling dan mulai terjadi tenaga gesek. Dalam kondisi ini V-belt
di bagian pulley primary pada posisi diameter dalam (kecil) dan di
bagian pulley secondary pada posisi luar (besar) sehingga menghasilkan
perbandingan putaran / torsi yang besar nenyebabkan roda belakang mudah
berputar. Kopling centrifugal menyentuh rumah kopling. Kopling
centrifugal mulai mengembang dari putaran 2.550 ke 2.950 rpm. Kopling
terkopel penuh pada putaran 4.700 ke 5.300 rpm
C. Putaran Menengah
Pada saat putaran bertambah, pemberat
pada pulley primary mulai bergerak keluar karena gaya centrifugal dan
menekan primary sliding sheave ( piringan pulley yang dapat bergeser )
system fixed sheave (piringan pulley yang diam) dan menekan V-belt
kelingkaran luar dari pulley primary sehingga menjadikan diameter pulley
primary membesar dan menarik pulley secondary ke diameter yang lebih
kecil.
Ini dimungkinkan karena panjang
V-beltnya tetap. Akhirnya diameter pulley primary membesar dan diameter
pulley secondary mengecil sehinggga diameter pulley menjadi sama besar
dan pada akhirnya putaran dan kecepatan juga berubah dan bertambah
cepat.
D. Putaran Tinggi
Putaran mesin lebih tinggi lagi
dibandingkan putaran menengah maka gaya keluar pusat dari pemberat
semakin bertambah. Sehingga semakin menekan V-belt ke bagian sisi luar
dari pulley primary (diameter membesar) dan diameter pulley secondary
semakin mengecil. Selanjutnya akan menghasilkan perbandingan putaran
yang semakin tinggi
Jika pulley secondary semakin melebar ,
maka diameter V-Belt pada pulley semakin kecil , sehingga menghasilkan
perbandingan putaran yang semakin meningkat.
E. Cara Kerja Kopling Centrifugal Kering
Kopling terkopel : Sepatu kopling bergerak keluar dan memindahkan tenaga melalui gaya centrifugal.
F. Torsi Cam / Cam Penambah Torsi
Cam penambah torsi / torsi cam dapat
disebut dengan nama “Sensor torque “ perangkat ini dapat membuat sliding
sheave / piringan yang dapat bergeser secara otomatis bekerja jika
torsi gaya putar yang besar diperlukan, misalnya pada kondisi mendaki
atau penambahan kecepatan.
Gambar dibawah ini ( gbr A ) menjelaskan
pada pengoperasian kondisi normal. Apabila jalan mendaki atau
penambahan percepatan beban roda belakang akan bertambah berat maka
sliding sheave / piringan yang dapat bergeser pada pulley secondary akan
tergeser ke depan disebabkan adanya alur torsi cam yang mengarahkan
kedalam sehingga diameter pulley secondary akan membesar dan torsi roda
belakang akan bertambah besar ( seperti pada gbr B ).
G. Gear Reduksi
Untuk menghasilkan total perbandingan
putaran yang ideal antara poros engkol dan roda belakang diperlukan gear
reduksi dengan dua kali reduksi. Tipe pertama roda gigi miring /
helical gear untuk mengurangi noise, adapun untuk gear main axle dan
gear drive axle dengan tipe roda gigi lurus / spur gear.
Untuk gear reduksi ini menggunakan pelumasan yang ada didalam gearbox yang terpisah dengan rumah V-belt dan rumah rem.
Perawatan sistim perapat / sealing
(A) Bagian seal oli
Kehalusan permukaan as ( crankcase, collar as drive. Bos secondary fixed sheave )
Pada saat pemasangan periksa dari kondisi seal oli
Komponen yang tidak boleh tersentuh oli :
a. V-belt, permukaan piringan primary dan secondary . Sebab : Timbul suara noise slip
b. Kopling centrifugal dan rumah kopling . Sebab : Clutch judder / kopling bergetar
(B) Bagian dalam ruang V- Belt
Proses pemasangan : Pemasangan yang kurang tepat
(C) Lain – lain
Proses pemasangan : Gasket tidak terpasang, o-ring motor starter putus / sobek.
Aus Pada Bagian Yang Bergeser / Sliding
Perubahan ratio berubah tergantung dari
tenaga tekan pada bagian piringan yang dapat bergeser / sliding sheave.
Sehingga kelancaran geser adalah salah satu faktor yang mempengaruhi
variasi perubahan, untuk itu bagian-bagian yang bergeser perlu perhatian
khusus pada saat perawatan juga harus dihindarkan dari kebocoran bagian
seal.
Bagian penting pada bagian yang bergeser :
1. Bagian Primary
Sliding section : Surface roughness/looseness of s.sheave fitted section
Roller weight section : Surface roughness of cam surface (s.sheave and cam)
Fitted section : Outside diameter accuracy and roughness of collar
: Inside diameter accuracy and roughness of s.sheave bush
Sheave surface and V-belt : Roughness of sheave surface
2. Bagian Secondary
Torque cam section : Roughness of groove and pin
Fitted section : Outside diameter accuracy and roughness of collar
: Inside diameter accuracy and roughness of s. Sheave bush sheave and s.sheave
Heave surface and V-belt : Roughness of sheave surface